Tuesday 6 September 2016

PanduanIm vs Juragan Cipir, 2 raksasa blogger Indonesia yang berbeda karakter, namun bertujuan mulia yang sama

Bukan bermaksud mengenyampingkan para master blogger Indonesia yang
lain, sugeng.id, maxmanroe.com, portal-uang.com, blogodolar.com dan
lain-lain dan maaf bagi para guru lainnya.
Tapi kedua blogger hebat ini memiliki karakteristik yang bebeda,
sama-sama kuat, sama dicinta, memiliki tujuan yang sama, yaitu
membimbing para blogger di seluruh Indonesia menuju kesuksessan. Salut
para master....!

Bukan pula untuk mengadu kedua guru saya ini. Maaf sebelumnya Mbak
Indri dan Mas Darmawan, izinkan saya menceritakan tentang diri kalian.

El Clasico nya master blogger Indonesia...

Antara Naruto vs Sasuke...

Para blogger termasuk saya pasti sering mengunjungi kedua blog ini,
banyak blogger tumbuh bersama Mbak dan Mas ini, berikut dengan pujian
dan respon positif.

Nah berikut perbedaan yang mendidik antara panduanim.com blog Mas
Darmawan dan juragancipir.com blog Mbak Indri.

1. Gaya penulisan konten Mas Darmawan tegas dan jelas, sementara Mbak
Indri sangat ramah dan terbuka.

Jika kamu sering mengunjungi blog mereka, maka tidak asing lagi dengan
poin yang pertama.

Mas Darmawan cendrung lebih tegas dengan kata "harus" , "lebih baik
tidak" , "jangan" dan "tidak penting". Serta diperjelas
sejelas-jelasnya apa yang ia tegaskan tersebut. Hebat.

Mbak Indri justru sangat ramah dengan pengunjung. Di sangat welcome
dengan semua blogger dari flatform manapun, niche apapun, aktif di
forum, rajin blog walking di blog lain, berbagi suka dan duka
menjalani aktifitas blogging, menampilkan foto profil dan icon
senyuman. Sangat menginspirasi.

Kalau di ibaratkan Mbak indri ini sudah saya anggap guru sekaligus
kaka blogger yang baik, sedangkan Mas Darmawan adalah kakak laki-laki
tertua yang tegas dan saya kagumi. Sedangkan saya adalah bocah yang
baru memulai kehidupan.

Bimbing saya dengan postingan yang berharga guru....!

2. Blog Juragan Cipir dibuat untuk panduan blogging sekaligus untuk
komersial, sedangkan PanduanIm murni panduan blogging.

Seperti yang kita tahu salah satu tujuan terbesar orang-orang
berbondong-bondong menjadi bloggger walau tak memiliki kemampuan
seperti saya adalah untuk nyari duit... Ya ngak..?

Mbak Indri adalah inspirasi nyata, dengan mengandalkan iklan PPC
Google Adsense dan iklan Banner yang ditampilkan di blognya, Mbak
Indri menjadikan blog super tersebut sumber penghasilan.
Saya tidak tahu persis berapa penghasilan sang juragan, namun jika
melirik traffik saya yakin penghasilannya jutaan rupian perbulan.

Memotivasi orang-orang sekaligus mendapatkan uang, sangat mengispirasi.

Namun berbeda dengan blog PanduanIm, dengan traffik luar biasa, namun
saya tidak melihat aktifitas komersial di blog ini. Baik iklan,
affliasi, link ad text, ataupun jualan e-book.

Padahal kalau di monetasi kan lumayan..

Lalu terbesit suara di hati.

Siapa sih sebenarnya Mas Darmawan ini?

Apa sih pekerjaan sebenarnya, sehingga dia tidak memonetasi blog
dengan traffik yang potensial?

Apakah mungkin Mas Darmawan memiliki blog lain, sebagi sumber penghasilan?

Kok mau sih Mas Darmawan buang-buang waktu membuat konten mahakarya di
panduanim.com?

Semua pikiran bodoh ini timbul setelah saya baca konten luar biasa beliau.

Murid macam apa saya ini?

Lalu saya berasumsi positif dengan berpiran:

* Mungkin Mas Darmawan adalah seorang blogger yang sudah memiliki blog
besar, dan turun sebagai pahlawan super blogger untuk menyelamatkan
para newbie menuju jalan yang sukses.

* Mungkin dia telah memiliki blog utama yang hebat dan memiliki
penghasilan hebat, jadi panduanim adalah blog sampingan untuk menambah
teman dan curhatannya saja.

* Dia adalah orang yang tulus berbagi waktu dan pikiran dengan membuat
konten, membalas komentar, dan mengirim panduan ke pemirsa via e-mail
bagi yang subcribe.

* Mungkin ada pikiran kamu atau hal yang saya tidak saya sebutkan dan
diketahui, silahkan komen ya.

Benar-benar luar biasa.

Di poin ke-2 ini saya bertujuan seperti Mbak Indri, namun ingin
seperti Mas Darmawan, tapi tak sanggup gan...

3. Mbak Indri menganjurkan Iklan Adsense jadi penghasilan blog,
sedangkan panduan di panduanIm yang saya baca, adsense tidak
dikuatkan.

Ini menjadi salah satu dilema saya dan kamu...

Di satu sisi Mbak Indri terbukti sukses dengan teknik monetasi
adsense, dan memceritakan pengalamannya, saya sangat termotivasi.

Sehingga situs terwujud.com menyebutkan Mbak Indri adalah sang
motivator blogger Indonesia yang hebat.

Disisi lain apa yang dikatakan Mas Darmawan benar juga, afliasi
marketing dan jualan produk sendiri lebih baik menguntungkan, dari
pada iklan PPC asal memiliki kemampuan copywriter. Dan dia
mengajarkannya, tapi dasar saya murid bebal tidak mengikuti karena
tidak mampu.

Bingung...?!

Oke saya berencana mengembangkan blog baru ini, kemudian mencoba
adsense dulu, kemudian baru coba afliasi dan jualan produk sendiri,
dan terus belajar.

4. Penampilan konten gambar untuk penguat konten artikel.

Mbak Indri menampilkan gambar menarik dari internet yang bisa dibilang
nyentrik, tidak nyambung tapi menarik, dengan menampilkan wanita
cantik pemandangan indah.

Seperti yang saya terapkan di posting ini.

Cara ini tidak dilarang dan mudah asalkan tidak mengcopy habis-habisan
milik orang. Ada banyak situs photo sharing gratis berbagi gambar
untuk posting blog kamu, contonya pixabay. Itu legal.
Dan sesekali foto jepretan sendiri.

Sedangkan mas darmawan sepertinya mendesain sendiri gambarnya yang
menarik dan mudah dimengerti. Teknik ini banyak dilakukan blogger
progesional luar negri seperti quiqcksprout.com.

Saya akui teknik mendesain gambar sendiri atau hasil jepretan sendiri
lebih baik dari segi apapun.
Dan sesekali mengambilkan gambar di internet yang kualitasnya tidak diragukan.

Namun mengapa saya tidak menuruti jejak sang guru?

Kekurangan perangkat jadi penghalang, saya blogger miskin yang
mati-matian membeli android cina harga 500 ribu, untuk update posting
melalui aplikasi blogger dan via gmail.

Ya, saya tidak memiliki komputer, ataupun kamera yang memadai, hanya
kamera ponsel beresolusi 2mp saja.

Jadi, update posting saja sudah syukur. Semoga saya mampu beli
perlengkapan wajib bligger tersebut melalui blog ini. Amin.

5. Ini yang paling mendasar, Mas Darmawan mengutamakan konten
berkualitas, namun Mbak Indri mengutamakan kuantitas asal unik dan
orisinal.

Bingung, galau, gundah, mau pilih prinsip yang mana...?

Kualitas atau kuantitas...?

Setelah saya survey di berbagai blog diberbagai blog dan berbagai
bahasa, saya menemukan kesimpulan kualitas lebih baik diterapkan, tapi
banyak blog yang sukses dengan menerapkan conten singkat, unik, asli
dan berkuantitas tinggi.

Menilik ke blog juragan cipir, ditemukan konten artikel yang tidak
terlalu panjang, fresh dan unik. Saya pun tidak bosan mengunjungi blog
ini. Terbukti selalu nangkring di hal 1 google, asal sering update
secara berkala.

Namun juga tidak baik mengenyampingkan ajaran Master Darmawan,
kualitas adalah harga mati, artikelnya sangat panjang, dan saya tidak
pernah membaca artikelnya berkali-kali. Sangat bekualitas.
Terbukti hanya dengan update postingan 1 kali dalam sebulan, kadang
lebih, namun traffiknya luar biasa, dan seluruh artikelnya selalu page
one google search.

Apalagi rutin update dengan kuapitas yang sama... Bahaya...

Sebagai murid meraka yang baik, saya akan menerapkan kedua prinsipnya.

Saya akan update rutin dengan konten asli dan unik, namun saya
mengusahakan konten tersebut berkualitas sebaik yang saya bisa, dan
tidak memaksakan.

Saya sadar akan kualitas saya.

6. Mungkin ada pendapat kamu yang tidak saya sebutkan, atau kesalahan
yang saya tuliskan. Silahkan komentar.

Semoga perbedaan prinsip kedua mahaguru blogger Indonesia ini membuat
kita lebih terdidik menjadi lebih baik karena karakter semua orang
berbeda. Semoga kita menemukan karakter sendiri.

Tujuan mereka sangat mulia, tanpa mereka dan master lain, mungkin
dunia blogging Indonesia kelam.
Saya tumbuh bersama mereka.

Salam guru, salam master, semoga tambah sukses dan jangan bosan ajari kami.

8 comments:

  1. setau saya penghasilan mas Darmawan itu dari blog lain berbahasa inggris yang memanfaatkan adsense, amazon, clickbank

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuci sofa bandung terbaik di bandung, dengan metode yang baru dan mesin yang berkualitas serta staff propesional, jasa cuci sofa bandung kini bisa membantu semua masalah yang anda handapi tentang menjaga kebersihan sofa anda di

      Delete
  2. ada yang punya foto mas darmawan?

    ReplyDelete
  3. Sebenarnya kalau kita jeli aktifitas memonetasi blog di panduanim itu ada ✌salam blogger

    ReplyDelete
  4. Sebenarnya kalau kita jeli aktifitas memonetasi blog di panduanim itu ada ✌salam blogger

    ReplyDelete
  5. Betul mas,saya juga sering mampir di blog2 para suhu dan menerapkan apa yg di ajarkan,tapi apa yg di posting benar2 membantu para pemula seperti saya,salam kenal mas ��

    ReplyDelete
  6. Kalai saya lebih senang ke panduan IM.. konten harus berkualitas dan memonetazi blog dari ebook dan affiliasi.. itu cukup buat pasar lokal.

    ReplyDelete
  7. laundry sofa bandung: Salah satu furnitur rumah kontemporer dan elegan terbaik adalah sofa kulit. Namun, mereka tidak menampilkan kesamaan dalam desain. Mereka tersedia dalam berbagai desain dan gaya yang benar-benar baru. laundry sofa di bandung Sangat benar untuk merasakan bahwa kehadiran satu set sofa dapat mengubah penampilan keseluruhan ruangan. Mereka tidak hanya memberikan kenyamanan yang luar biasa, tetapi juga menyoroti kelas dan kualitas dekorasi dengan cara yang paling bermartabat.

    ReplyDelete