Friday 8 April 2016

Apa rahasia sukses 10 youtuber terbaik dunia hasilkan jutaan dollar

Alasan mengapa youtuber sukses hasilkan milliaran rupiah. Sumber dari
makeuseof.com

Ada 2 tujuan orang menjadi youtuber, yang pertama untuk jadi terkenal
( artis dadakan ) dan kedua mendapat penghasilan dari adsense maupun
sponsor lain.
Banyak sekali para artis terkenal sejak meng upload video nya di
youtube seperti PSY dan Justin Bieber, sedangkan dari Indonesia ada
seperti Norman Camaru, Isyana Sarasvati, GAC.

Sebagai youtuber, apapun tujuannya, kita sangat bergantung pada jumlah
viewer video. Ada jutaan youtuber di dunia, 400 jam video di upload
tiap menit, dan tentu puluhan - ratusan juta pengunjung tiap hari.

Hal ini membuat menjadi seorang youtuber menjadi menantang dan penuh persaingan.
Tapi mungkinkah dengan persaingan seperti itu bisa sukses menghasilkan
uang dalam jumlah besar atau jadi terkenal?

Saya bilang bisa...
Hasilnya sangat tergantung pada pada usaha masing-masing. Sebelum
memutuskan untuk menjadi youtuber, pastikan anda serius dan hobi dalam
bidang ini, jangan hanya tergiur melihat penghasilan dan kesuksesan
para selebriti YouTube berikut.
Nah dari sekian juta orang yang mencoba peruntungan menjadi seorang
youtuber, ada top 10 orang yang menjadi youtuber tersukses di dunia.
Mereka mungkin sebahagian sudah anda kenal dan menjadi inspirasi untuk
membuat video untuk youtube. Mereka telah berhasil meraup uang jutaan
dollar pertahun, atau puluhan hingga ratusan milliar rupiah pertahun.
Wow.. Itu adalah prestasi yang sangat membanggakan.

Berikut youtuber dengan channel paling populer di YouTube, dan
bagaimana mereka bisa mencapai kesuksesannnya.

Catatan: penghasilan yang ditampilkan adalah penghasilan murni dari
YouTube (adsense), dan kemungkinan besar mereka mendapat penghasilan
lain dari sponsor dan menjadi brand ambasador sebuah produk yang
ditampilkan di videonya.

1. PewDiePie
Nama nya melonjak naik sebagai channel game, dia membuat video yang
mengajak bermain game, demonstasikan cara bermain dan memberi komentar
sebuah game sambil memainkannya.
Dia memiliki subcriber ( pelanggan ) terbanyak sejak tahun 2013 dan
terus bertahan hingga sekarang. Bahkan sebagai pelanggan terbanyak,
PewDiePie memiliki 2 kali lebih banya dari yang menduduki peringkat ke
- 2.

Awalnya salurannya terfokus pada game, namun baru-baru ini mengalami
sedikit perkembangan dengan menambah topik seperti variety show.
Namun video nya masih terkait dengan game, namun sudah dikembangkan.

* Penghasilan tahun 2015 : $12.000.000 dengan 41 juta pelanggan.

* Alasan mengapa dia sukses:
Cara berinteraksi nya dengan penggemar yang akrab, yang membangun
sebuah ikatan. Dia berbicara kepada kita seperti teman akrab, tidak
kaku. Dia berteriak, tertawa sehingga membangun suasana yang seru dan
tidak bosan. Dan tentunya video yang berkualitas.

2. Smosh
Smosh memiliki sejarah panjang, mulai dari tahun 2003 sebagai pembuat
animasi flash, kemudian beralih menjadi youtuber saat tahun 2005.
Sebenarnya Smosh beranggotakan 2 orang yang membuat video sketsa
komedi sebahagian besar, kemudian di gabung dengan topik lain dari
waktu ke waktu.

Awalnya Smosh adalah channel dengan subcriber terbanyak, namun
akhirnya dikalahkan oleh PewiePie tahun 2013.
Sekarang Smosh terdiri dari 10 saluran dengan membahas topik berbeda.
Namun pada intinya Smosh berfokus pada sandiwara.

* Penghasilan tahun 2015 : $8.500.000 dengan 21 juta pelanggan

* Alasan Smosh dapat mencapai popularitas nya:
alasan popularitas nya sangat jelas, dia menciptakan video yang lucu
dan meng upload video dengan jadwal secara teratur.
Video lucu itu banyak, tapi dengan jadwal yang konsisten tentu akan
cukup sulit dan akan membuat kesetiaan penggemar.

3. Fine Brothers
Fine Brother adalah 2 bersaudara di dunia nyata, Benny dan Rafi yang
telah membuat jutaan dollar dengan aksi mereka melalui video. Ide
video yang mereka garap adalah penampakan reaksi wajah saat menonton
video lain, mereka akan menunjukan reaksi orang menanggapi suatu
kejadian di suatu video. Sederhana tapi sangat menghibur.

Mereka juga membuat video di bidang spoiler dikemas dengan video
menarik (mengalahkan banyak media yang bergerak di bidang spoiler
berbasis narasi).
Yang terbaru Fine Brothers mengeluarkan seri MyMusic ( sitkom
mockumentary yang membahas perusahaan di bidang musik)

* Penghasilan Fine Brothers tahun 2015 $ 8.500.000 dengan 14 juta pelanggan.

* Alasan mengapa Fine Brothers bisa sukses.
Meskipun Fine Brothers bukan pencipta video reaksi yang pertama, tapi
mereka berhasil memanfaatkan peluang tren dan mereka yakin untuk itu.
Terbukti Fine Brothers adalah channel YouTube dengan topik video
reaksi terbaik.

4. Lindsay Stirling
Lindsay Stirling adalah seorang pemain biola yang di kombinasikan
dengan unsur tari dan pertunjukan saat penampilannya.
Biasanya biola idententik dengan musik klasik, dan seniman biola
cenderung melakukan itu.
Namun lindsay Stirling menghasilkan musik pop, rock dan musik elecktronik.

Dia telah ber kolaborasi dengan artis ternama seperti, Lzzy Hale,
Tayler Ward, Pentatonix, bahkan Taylor Swift.

* Penghasilan Lindsay Stirling tahun 2015: $ 6.000.000 dengan 7 juta pelanggan.

*Alasan Lindsay Stirling mampu hasilkan jutaan dollar:
Awalnya dia adalah perempat finalis American Got Talent yang di
perkenalkan keseluruh Amerika, kemudian dia meng upload videonya ke
YouTube yang membuat ledakan popularitas.

Banyak juga yang meng kritik Lindsay, karena menodai musik biola.
Namun dia menciptakan semacam musik baru yang berbeda, mungkin itu
penyebab banyak orang menyukainya.
Musiknya unik dan sangat khas, juga menyenanggkan telinga.

5. Rhett & Link
Adalah 2 orang sahabat mantan engineer ( insinyur ) yang muncul
bersama-sama membentuk video duo hiburan online di YouTube dengan
menggabungkan lagu-lagu komedi dengan sketsa live-action.
Mereka menyebut diri mereka dengan internetainer " penghibur internet ".

* Penghasilan Rhett & Link tahun 2015 : $ 4.500.000 dengan 4 juta pelanggan.

* Mengapa mereka begitu terkenal?
Yang sangat menarik adalah duo ini memiliki kharisma sendiri saat
tampil di layar.
Coba deh anda tonton salah satu video mereka, sulit sekali untuk
menahan menonton video yang lain, apa lagi ngerti bahasa inggris. Itu
saja sudah menggambarkan mengapa mereka bisa meraup banyak penggemar.

6. KSI
Merupakan singkatan dari penggunanya YouTube nya "KSIOlajideBT". KSI
menjadi youtuber sejak 2009 dengan membuat video komentar pada
gameplay FIFA.
Tapi videonya sering mengandung konten dewasa dan bahasa kotor.

* Penghasilan KSI tahun 2015 : $ 4,5 juta dollar dengan 11 juta subcriber.

* Apa yang membuat KSI terkenal:
Yang menarik adalah sikap dan Kepribadiannya. Dia membuat video dengan
semangat dan energik, dia berteriak, merombeng lawan-lawannya,
melompat-lompat bahkan meluaki dirinya sendiri saat proses pembuatan
video.

7. Michelle Phan
Dia adalah pembuat video tutorial make-up paling sukses dan terkenal.
Namanya sangat dikenali oelh para wanita penggila kosmetik hingga yang
tak peduli make-up sama sekali.

* Penghasilan Michelle tahun 2015 : $ 3 juta dollar dengan 8 juta pelanggan.

Dalam sebuah wawancara dia pernah berkata bahwa ia mencontohkan
pendekatan produksi setelah Bob Ross the joy of Paint. Dan usahanya
berhasil. Kemudian salah satu videonya tampil di BuzzFeed tahun 2009
yang menjadi pemicu ledakan popularitasnya.

Dia salah satu dari pembuat video tutorial make-up yang berkualitas
tinggi, dan mudah mengikuti instruksi videonya di youtube.
Dia juga berkomitmen untuk posting video dengan jadwal yang teratur
yang membuat penggemar nya selalu menanti karya berikutnya.

8. Lilly Singh
Wanita asal India ini lebih di kenal dengan sebutan super woman.
Komedian dan pembicara motivasi memiliki satu tujuan di setiap video
yang dibuatnya, yaitu setiap orang yang menonton salah satu videonya
harus merasa senang dan bahagia.

* Penghasilan Lilly Singh tahun 2015 : $ 2.5 juta dollar dengan 7 juta
pelanggan.

* Alasan Mengapa dia mendapatkan popularitas?
Banyak kepribadiannya berkisar tentang konsep "pulau unicorn" yang dia
sebut tempat bahagia. Dia menyebut penontonnya unicorn dalam konsep
ini. Dia menjelaskan tentang pulau unicorn dalam sebuah film
dokumenter di YouTube Red dengan judul " a trip to unicorn island "

Ikatan ini membuat nya menjadi sosok tercinta oleh penggemarnya
dikalangan pra remaja dan remaja perempuan.

9. Roman Atwood
Dia mengambil ide just for laughs dan memproduksi video " gurauan
tersembunyi " sekali atau 2 dalam sebulan. Kemudian mengumpulkan
jutaan pandangan masing masing dari penonton. Reaksi mereka tidak
berbahaya, kasar bodoh dan menyinggung. Tapi ingat, Roman Atwood hanya
bergurau.

* Penghasilan Roman Atwood tahun 2015 : $ 2,5 juta dollar dengan 8
juta subcribers.

* Mengapa Roman Atwood sukses? :
Ini sangan cocok dengan orang suka bergurau, Roman telah lama
beraksi, bahkan sebelum TV memproduksi acara lelucon praktis seperti
ini, yang membuat saluran ini menjadi salah satu pilar humor.
Sehingga tidak heran, jika saluran prank (gurauan) berfokus pada Roman
Atwood sebagai icon nya.

10. Rosanna Pansino
Rosanna Pansino adalah seorang pembuat kue yang menampilkan cara
membuat kue kreatif seperti Angry Bird cupcake, kue Captain America
dan kue emoji.
Videonya mudah di ikuti dan menyenagkan, ini adalah channel sempurna
untuk belajar cara membuat kue.

* Penghasilan Rosanna Pansino tahun 2015 : $ 2,5 juta dengan 5 juta subcriber

* Alasan Pansino bisa sukses dengan krasi kue nya:
Makanan lezat berseni adalah esensi video Rosanna Pansino, kue yang
dia buat tdak hanya kelihatan lezat, juga unik dan memiliki
kepribadian, yang membuat anda tidak akan menemukan makanan itu di
tempat lain.
Karena kratifitas ini membuat ia sangat di cintai oleh penggemarnya.

Nah saya sudah koar-koar menceritakan orang sukses di youtube dan
alasan mengapa mereka sukses.
Tapi apakah saya sudah sukses dengan youtube?

Belum...
Karena kembali ke awal, saya tidak hobi dan mahir di bidang produksi
video karena saya benci kamera.
Jika saya paksakan, maka saya akan capek sendiri dan sia-sia.

Apakah bagi yang serius, tips di atas bisa digunakan?
Bisa, asalkan seris, semangat dan konsisten.

Setelah itu faktor kreatifitas dan beda dari yang lain juga penentu
ahar mendapat tempat khusus di hati penonton.

Mulailah dengan Bismillah dan berusaha dan yakin, kita akan sukses
mendulang kesuksesan di youtube.

Ingat jangan posting video berbau porno, sara, pelanggaran hak cipta,
dan provokasi yang menimbulkan konflik.

Semoga sukses

- Riadi -

No comments:

Post a Comment