Friday 19 August 2016

5+1 Karakter Pemimpin Paling Sukses yang Patut Kita Ditiru


Mereka sering tampil diberbagai media massa, membintangi iklan TV, bintang tamu di Talk Show lengkap dengan quote yang mengispirasi, dan tersenyum di sampul majalah.

Pemimpin besar sangat identik dengan kekayaan, pro dan kontra yang luar biasa. 
Namun, cukup luar biasa, setidaknya para pemimpin hebat dilahirkan dalam keluarga hebat pula. Peluang besar dan kecil berbondong menghampiri, terkadang tak teratasi, berkesempatan jalan di karpet merah dan wawancara eksklusif berkat keuletan, kerja keras dan kecerdasan.

Menurut situs getmotivation.com ada lima kualitas yang dimiliki setiap pemimpin yang sukses.
Karakteristik ini tidak magis atau tidak dapat ditiru dengan mudah. Karakteristik ini berlaku kepada kita dangan menjalankan degan gaya kepemimpinan sendiri.

1. Visi
Dibutuhkan keberanian untuk memulai sesuatu yang sama sekali baru. Ketika Bill Gates memulai karirnya di bidang teknologi, komputer yang diperuntukkan bagi orang kaya dulu sangat lamban, mesin dengan lebar 6 kaki hanya menyelesaikan tugas sederhana.

Tetapi bila kita memiliki visi, kita melihat sesuatu berdasarkan bagaimana mereka harus - bukan bagaimana mereka. Gates melihat bahwa mesin ini bisa menjadi produk rumah tangga, dan dengan kerja keras dan kecerdasan, mengubah visi menjadi Microsoft.

Nah bagaimana cara menetapkan visi? Cari sesuatu yang kita sukai, dan bertanya pada diri sendiri bagaimana hal itu dapat ditingkatkan. Ketika kita dapat menjawab pertanyaan itu, buatlah ancang-ancangnya, tidak peduli seberapa aneh dan gila.
Bill Gates drop out dari Universitas Harvard demi mengejar visinya. Kita tidak harus mengerjakan yang ekstrim, tetapi menunjukkan bagaimana visi yang jelas dapat mendorong kita untuk mengambil lompatan besar untuk membawa ke jenjang sukses.

2. Ketahanan
Oprah Winfrey lahir di Deep South selama gerakan hak-hak sipil. Dia mengalami pelecehan seksual sebagai seorang anak, melahirkan anak saat remaja, dan dibesarkan oleh seorang ibu tunggal. Tapi dia bangkit kembali dari kemiskinan melumpuhkan untuk menjadi salah satu wanita paling sukses di dunia hiburan.
Tony Robbins dibesarkan oleh seorang ibu tunggal dan hidup dalam kemiskinan yang ekstrim; ia mencuci piring di bak mandi apartemen 400 kaki persegi nya.
Namun, ia bertekad untuk berhasil. Ia menjadi pelatih kehidupan dan pembicara motivasi dan sekarang memiliki kekayaan bersih lebih dari $ 30 juta.

Apa yang dua orang ini memiliki kesamaan? Mereka tangguh. Hidup tidak semudah membalikkan telapak tangan, tetapi mereka naik di atas masalah dan menemukan keberhasilan.
Dalam bisnis, kita pasti menghadapi perangkap, tapi tanpa masalah, kesuksesan tidak akan terasa manis.
Kita tidak bisa hanya menyerah ketika kita kehilangan klien penting atau pangsa pasar kita merosot. Lihatlah kegagalan kita melalui sudut pandang yang berbeda, dan menggunakannya untuk membentengi usaha Anda berikutnya.

3. Kecerdasan
Richard Branson tidak pernah pergi ke perguruan tinggi, tapi dia orang yang sangat cerdas. Virgin America, Virgin Mobile, dan Virgin Record - di antara perusahaan besar lainnya - semua berkembang di bawah asuhan Branson meskipun sangat sedikit uang tunai.
Bahkan, Branson mulai Virgin Record dari bagasi mobilnya.
tingkat pendidikan formal tidak selalu menunjukkan kecerdasan Anda. Branson mengambil risiko yang telah diperhitungkan dengan mengajukan pertanyaan yang tepat dari dirinya sendiri dan menciptakan rencana. Jangan menilai diri sendiri  atau orang lain dengan gelar yang kita miliki atau tamatan universitas mana.

4. Action
Semua kecerdasan di dunia akan sia-sia kecuali jika kita bertindak pada visi. Bill Gates tahu bagaimana harus bertindak. Dia melihat celah di pasar yang tidak ada orang lain lakukan dan meletakkan visinya dalam gerakan, yang membuatnya salah satu pengusaha paling terkenal dari revolusi komputer rumah.
Mengambil tindakan tidak sesederhana kedengarannya. Penundaan atau takut dapat dengan mudah melumpuhkan Anda, apalagi rasa malas datang mengerogoti visi tersebut, tetapi penting untuk diingat bahwa tidak ada sesuatu yang besar pernah terjadi sendiri. Mulai saat ini, blokir perlawanan emosional, dan hati-hati mengatur waktu langkah kita berikutnya.
Mengetahui waktu terbaik untuk bertindak adalah sesuatu hal yang dimiliki orang paling sukses.

5. Intensitas
Saya mencintai pekerjaan saya.

Setiap hari selama lebih dari 20 tahun, Robbins akan berlatih berbicara di depan umum. Dengan banyak pengulangan, rasa takutnya bicara berangsur hilang, dan dia bisa fokus dan menjadi bergairah, intens, dan besangat untuk audience-nya.
Tanpa intensitas dan gairah untuk apa kita lakukan suatu hal, kita tidak akan sangat baik dalam hal itu - setidaknya tidak sebaik yang kita bisa. Kita mungkin menemukan minat di tempat yang tidak akan pernah diharapkan.

Masing-masing pemimpin ini memiliki visi untuk mengubah dunia dan tekad untuk mengambil tindakan dengan semangat dan ketahanan. Mereka ingin melihat visi mereka menjadi kenyataan, terlepas dari hambatan atau tantangan yang mereka hadapi. Itu tidak membutuhkan pendidikan yang tinggi atau keberuntungan lahir sebagai orang kaya yang membuat mereka sukses, dan sukses bukanlah uang.
Dengan fokus yang jelas dan tekad, kita semua mampu meraih sukses.

6+. Doa 
Inilah sebab saya membuat judul 5+1 karakter pemimpin paling sukses.
Sebab 5 karakter yang dikutip diatas tanpa diringi doa akan sia-sia menuju tujuan sebenarnya yaitu kesuksesan, bahagia dan merasa puas.
Kita yang berusaha, Yang Maha Esa yang menurunkan rezki tersebut, tergantung sebesar apa usaha dan doa yang dipanjatkan.
Apakah semua orang yang sukses di dunia ini berdoa dan meminta kepada Tuhan sebelum berusaha?

Tidak, mereka percaya kesuksesan yang mereka capai berkat kerja keras sendiri, tanpa campur tangan Tuhan. Saya tidak perlu menyebutkan contoh orang-orang tersebut. Tapi percayalah sukses yang sebenarnya datang dari hati dan waktu sukses sebenarnya adalah di hari Nanti. 

'Berusahalah menuju sukses seakan kita hidup selamanya, tapi beribadahlah seakan maut menjemputmu esok'

1 comment:

  1. Great feed! Visit our website finessehackers.com if you need to hire professional hackers for any type of device infiltration. Customer service ad efficiency is top notch.

    ReplyDelete