Friday 9 September 2016

Ulasan lengkap mengapa posting artikel singkat lebih baik untuk blog. Sudah banyak yang membuktikan.

Seperti Nikita Willy, cantik, mungil, dan berisi...

Begitu juga blog, konten singkat, padat dan jelas, sesuai apa yang
dicari lebih baik dari artikel yang panjang lebar yang membuat bosan
pengunjung.

Menurut judul diatas, ada beberapa bentrokan pendapat dari master
blogger dan saya akan menjawab menurut logika saya.

1. Artikel Pendek Tidak Berkualitas?

Kuantitas vs kualitas

Artikel berkualitas adalah segalanya, tapi artikel panjang belum tentu
berkualitas, sebahagian adalah sampah yang membuat ngantuk saat
dibaca.

Tidak semua blogger memiliki kemampuan menulis panjang dan
berkualitas, satu yang saya tau di Indonesia.

Panduanim.com

Blog besutan Master Darmawan ini sangat wonderfull. Beliau sangat
menganjurkan konten yang panjang dan berkualitas walau jarang update
post.

Tapi Darmawan tetap Darmawan, walaupun sang guru mati-matian membuat
artikel super berkualitas, namun para murid blogger seperti saya tak
akan mampu menyamai beliau.

Jangan paksakan kudrat kamu...

Setelah saya browsing, apa itu konten berkualitas, saya menemukan
syarat konten berkualitas dalam suatu blog menurut masfikri.com yang
saya ragu adalah Artikel minimal memiliki panjang 500 kata.

Menurut blogger kelas internasional, Tristan Louis empunya TNL.net
dalam postingan nya, mengatakan ada 5 blog yang luar biasa yaitu:

BoingBoing, Instapundit, DailyKos, Gizmodo dan Engadget.

Tristan menganalisis 5 top blog ini melakukan 30 kali posting dengan
rata-rata 150 kata.

Dan boom... Lihat traffick mereka.
Disini kuantitas yang menang.

Setiap membahas artikel mana yang lebih baik antara artikel panjang
dan pendek, artikel panjang hampir selalu menang.

Namun ada satu nama besar dari kubu artikel pendek yang harus diakui.

Seth Godin author sethgodin.com

Saya pernah melihat panjang postingannya kurang dari 100 kata.

Dari Indonesia ada nama besar yang mungkin kamu sudah kenal yaitu blog
juragancipir milik Mbak Indri.

Artikel ini pun terinspirasi dari blog raksasa ini, seperti yang saya
baca dan lihat, Mbak Indri memposting artikel kurang dari 500 kata
dengan update yang teratur.

Blog sang juragan berhak dianugrahi salah satu blog terbaik Indonesia.

Artikel berkualitas memang bagus, tapi tak semua bisa melakukannya.

Artikel panjang tidak bagus untuk semua niche dan topik blog.

Artikel panjang yang berkualitas adalah artikel yang memiliki
kelengkapan informasi yang berguna. Saya pikir ini hanya cocok untuk
blog yang bertema "panduan lengkap", "biografi", "ulasan lengkap pada
suatu kejadian dan even" dll.

Tapi jika blog kamu berniche teknologi, berita, gosip atau yang lagi ngetrend.

Kata yang banyak membuat pengunjung lari. Mereka hanya mencari 1 atau
beberapa jawaban dalam artikel.

Niche ini bersifat hangat dan basi dalam beberapa tempo, karena
kejadian selalu berubah-ubah.

Jadi mereka hanya " to the point ".

Asal sering update, contohlah situs populer dari Indonesia detik.com,
bola.net, tribunnews.com yang update artikel hanya 200-300 per artikel
dengan jumlah banyak setiap hari.

Bayangkan kamu seorang blogger pemula, mampu menulis artikel hanya
1000 kata dalam sehari, saya lebih menganjurkan kamu posting 10
artikel dalam sehari dengan 100 kata, hanya muncul 3 di page 1 google,
dibandingkan 1 artikel dalam sehari dan muncul 1 itu saja.

Kualitas memang sering muncul di halam utama google, tapi rutinitas
dan rajin post artikel blog akan lebih di sukai. Sesingkat apapun,
kalau rajin akan selalu nongol, contohlah blog di atas.

2. Conten Pendek Tidak SEO?

Persetan dengan SEO, kamu terlalu sibuk dengan optimasi mesin
pencarian, karena memang sumber lalu lintas blog terbanyak ada di
searh engine terutama google.

Saya sendiri pernah membaca di support.google.com, tentang Apakah anda
membutuhkan SEO?,
Ternyata google sendiri tidak menjamin upaya membuat artikel yang SEO
akan muncul di halaman utamanya.

Berhubung menjamurnya situs yang menawarkan jasa SEO, google juga
memperingatkan agar jangan sepenuhnya percaya.

Sering saya search di google, cara membuat artikel SEO, dan hasilnya
membuat saya ribet sendiri.

SEO bukan upaya untuk cari muka di google.

Seluruh contoh blog dan website yang saya sebutkan di atas saya yakin
tidak terlalu memikirkan optimasi ini, namun mereka tetap nangkring di
halaman utama pencarian google.

Contoh yang lebih jelas adalah blog blogger terbaik asal Nigeria
lindaikejisblog.com milik Linda Ikeji.
Tidak ada artikel bahkan template SEO disana, beberapa artikelnya
singkat bahkan kurang dari 100 kata kadang hanya penjelasan gambar.

Okelah, artikel singkat tidak SEO.

Artikel singkat padat dan jelas akan disukai manusia. Jika disukai
manusia, google adalah search engine yang terbaik untuk pengguna dan
tau kebutungan pengunjung.

Ada satu situs yang unik yang sering saya kunjungi, dan mungkin 0%
SEO, saya memasuki situs ini tanpa melalui google melainkan ketik url
sendiri.

Inilah yang disebut human friendly, bukan SEO friendly yaitu 1cak.com
Situs humor, meme dan seru-seruan ini hanya berisi judul dan gambar
yang tidak penting bagi google, tapi sangat dimengerti oleh saya.

Sampai sekarang dan jutaan wancaker lainya masih mengunjungi situs
hebat ini sampai saat ini.

3. Kurangnya durasi sesi Rta blog, lama pengunjung membaca blog?

Mengapa saya mempermasalahkan ini?
Karena durasi sesi Rta menjadi bagian di google analytic, dan salah
satu menjadi penentu berkualitas atau tidaknya sebuah blog.

Semakin lama orang membaca artikel blog, maka google menyatakan
semakin berkualitas dan menaruk konten di blog tersebut.

Ini juga menjadi patokan google dalam seleksi calon publisher iklan
google adsense.

Masalahnya, apakah mungkin orang betah lama-lama di blog yang kontennya singkat?

Sangat mungkin.
Buatlah orang menjadi lagi, lagi, dan lagi...

Bukan setelah masuk, karena kebanyakan basa basi, meraka kabur.

Tidak semua orang didunia ini yang suka membaca dalam waktu lama hanya
dalam satu topik, walau pun ada beberapa, apakah kamu mampu membuat
mereka betah dan konsisten?

Saya mampu membaca artikel di juragancipir.com berjam-jam, dengan
beberapa artikel yang singkat namun fresh.

Jadi apa tips supaya blog dengan artikel pendek kamu bisa menjadi
berkualitas, SEO, berdurasi sesi Rta yang lama adalah

* Rajin posting dan konsisten.

Walaupun kualitas diutamakan, tapi jangan remehkan kuantitas.

"Kualitas adalah bawaan dari lahir, tapi kuantitas adalah kerja keras
yang mampu dicapai semua orang"

Seperti Lionel Messi VS Cristiano Ronaldo.

Jika kamu memaksakan konten berkualitas, maka kamu akan pusing dan
menyerah sendiri.

Tidak sedikit blog berhasil yang mengutamakan kuantitas ketimbang kualitas.

* Buatlah gadget atau plugin artikel terkait, terpopuler, terbaru dan
pilihan penulis untuk menawarkan konten menarik lainya untuk
pengunjung.

* Buatlah judul yang menarik.

Salah satu penarik orang yang menuju blog dari searh engine adalah
judul artikel yang menarik.

Juga konten artikel terkait, artikel terbaru dan terpopuler di blog
yang membuat pengunjung berputar-putar di blog.

* Masukan konten gambar yang menarik.

Seperti gambar di atas, tapi jangan ngaur, jangan ngeres.

Karena gambar adalah konten wajib yang menjadi blog semakin menarik
untuk dibaca.

Hampir sama dengan judul, gambar juga menarik klik di artikel terkait,
terbaru, dan terpuler di situs akan jadi warna-warni tampilan blog.

Akan lebih bagus, dalam satu artikel, terdapat lebih dari 1 gambar,
berupa ilustrasi, presentasi, dan screen shot.

Mengapa postingan ini hanya memiliki 1 gambar saja?

Ya, saya memang cukup lancang menyarankan apa yang saya sendiri tidak
lakukan, tapi saya akui setiap membaca blog lain, saya merasa nyaman
dan puas, karena mudah mengerti.

Saya tidak melakukan seperti yang saya sarankan karena postingan ini
dibuat via mobile.
Lebih tepatnya melalui pengiriman email. Jadi saya hanya bisa
melampirka 1 gambar di atas saja, bisa saja lebih, namun tetap diatas
artikel secara berhimpitan.

* Buatlah konten artikel dengan ciri khas dan gaya bahasa sendiri.

Ini akan selalu jadi pembeda dengan blog lain. Humant friendly lebih
baik untuk profesionalisme, dan akan berangsur SEO friendly secara
permanen.

* Buatlah artikel yang kamu ketahui dan yang ingin diketahui orang.

Setiap orang memiliki pengetahuan dan opini berbeda, apa yang kamu
alamai dan ketahui pasti berguna untukmu.
Ketika kamu menhetahui sesuatu dan orang mencarinya, disitulah kamu
berkuasa, tidak peduli panjangnya artikel pesaing, walau mereka
menerapkan SEO, jika artikel kamu yang mereka inginkan karena mereka
butuh informasi yang kamu ketahui.

Mereka akan menemukanmu dan akan jatuh cinta pada blog kamu.

Bookmark adalah penghargaan sejati para blogger.

* Jangan copy paste.

Apapun alasannya, tindakan ini adalah langkah buruk menuju kehancuran blog.
Curang, bodoh, dan tak berkualitas sama sekali.

Apa pun caranya, curang akan masuk jurang.
Dibanned google, tak diterima adsense dan lain-lain.

Jadikanlah kisah almarhum blog terselubung.blogspot.com pelajaran
berharga. Dengan kuantitas posting yang tinggi menjadikannya salah
satu blog top indonesia, namun setelah ketahuan oleh google yang sudah
hilang kesabaran, dibannedlah blog tragis ini.

* Semangaaaaaaaaatt.......

Dan yang paling penting semangaaaaat..

Sabda Rasul : Siapa yang bersungguh-sungguh, akan mendapat.

Jangan lupa minta do'a kepada Sang Pemberi Rezeki.

1 comment:

  1. malem-malem kepikiran hal ini.. berhubung blog saya soal berita film.. bagaimana mungkin saya membahas artikel film yang masih coming soon panjang-panjang..? selain akhirnya mengarang bebas gara-gara nurutin maunya tools SEO yang katanya kudu 300 kata..
    baca ajaran orang sana sini, semuanya bilang harus panjang... namun kyknya saya lebih setuju sama artikel di atas.. akan kucoba saran dirimu.. thx

    ReplyDelete